Tips dan Tata Cara Mencoblos dengan Benar Untuk Pemula

pemilu
Apa bedanya Exit Poll dengan Quick Count, dan Bagaimana Tahapan Kerjanya?
January 14, 2019

Tips dan Tata Cara Mencoblos dengan Benar Untuk Pemula

anak muda dan pemilu

tips pemilu dan anak muda

Tips Pemilu –  Pemilu tahun 2019 ini akan diadakan pada bulan April 2019 mendatang. Banyak diantaranya para remaja yang baru akan mencoblos ditahun ini. Namun, terkadang ada kesalahan saat pencoblosan. Ini merupakan hal yang merugikan, karena satu suara itu sangat penting dan mempengaruhi persentase suara terpilih.

Sebelum pemilihan, anda akan mendapatkan keterangan surat untuk bisa mencoblos di daerah setempat. Setelah itu anda bisa menuju tempat pemilihan umum (TPU) sambil menunggu giliran. Berikut tips-tips yang benar saat pencoblosan bagi para pemula agar suara yang dipilih sah.
1. Masuk ruangan yang disedakan
Setelah mengumpulkan surat yang keterangan dari kelurahan, anda bisa menunggu giliran, dan setelah itu akan dipanggil masuk ke ruangan. Ruangan tersebut berisi meja yang terdapat paku untuk mencoblos dan juga diatasnya terdapat sekat antar meja yang dilengkapi, sehingga calon pilihan yang anda pilih tidak bisa diketahui orang.

2. Perhatikan surat suara
Setelah masuk kedalam ruangan, anda akan diberikan surat suara oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Anda bisa menuju meja untuk mencoblos. Sebelum mencoblos, bukalah surat suara, dan periksa apakah surat suara rusak atau tidak. Jika ada kerusakan, anda bisa meminta surat pengganti kepada KPPS.
Pada surat suara, terdapat calon pasangan yang akan anda pilih, usahakan anda tahu bagaimana sikap mereka terhadap pemerintahan, apakah patut untuk dijadikan pemimpin?

3. Perhatikan tata cara pencoblosan
Dalam pencoblosan, terdapat aturan yang diatur dalam Peraturan KPU pasal 86C Nomor 14/2016, sebagai berikut;

• Pemberian suara pemilihan satu pasangan calon dilakukan dengan cara mencoblos 1 (satu) kali pada:
 Kolom yang memuat foto dan nama pasanan calon, atau
 Koom kosong yang tidak bergambar

• Tanda coblos sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur sebagai berikut:
 Tanda coblos pada kolom atau tepat pada garis kolom yang memuat foto dan nama pasangan calon, dinyatakan sah memberikan pilihan untuk pasangan calon, atau
 Tanda coblos pada kolom atau tepat pada garis kolom pilihan kolom kosong yang tidak bergambar, dinyatakan sah tidak memilih pasangan calon yang bersangkutan.

4. Masukan surat suara ke kotak suara, dan mencelupkan tangan ke tinta
Setelah anda mencoblos calon pasangan, lipat kembali sesuai lipatan awal dan masukan ke dalam kotak suara. Kemudian, anda bisa mencelupkan jari kelingking ke dalam tinda, hal ini ditandakan bahwa ia telah mencoblos, untuk menghindari kecurangan pencoblosan dua kali atau lebih.

5. Tetap jaga pilihan suara
Pilihan suara, disarankan untuk tidak perlu diberitahu kepada orang lain, karena suara pada pemilu itu rahasia. Hal ini, untuk menghindari adanya debat atau pembelaan dan menjelekkan salah satu calon pasangan.
Kemudian, surat suara yang dinyatakan sah jika ditandatangani oleh ketua KPPS dan diberi tanda coblos di kolom yang memuat foto serta nama pasangan calon, atau kolom kosong yang tidak bergambar.

Itulah tips dan cara benar untuk memilih calon pasangan pada pemilu bagi para pemula. Ingatlah, kita perlu memilih pemimpin yang benar dan baik serta membawa negeri kita kearah kemajuan. Jangan sampai mau memberi suara pilihan hanya karena iming-iming hadiah. Jika pemimpin negeri tidak baik, bagaimana negeri kita akan bisa menjadi negeri yang maju? Selamat mencoblos di bulan April 2019 yaa!

 

foto pexels

(Visited 44 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to save temporary file for atomic writing.' in /home/wakatobi/relawanmuda.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:35 Stack trace: #0 /home/wakatobi/relawanmuda.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/wakatobi/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/wakatobi/relawanmuda.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 35