Jenis dan Gerakan Olahraga Untuk Menghilangkan Lemak Di Perut

Rumah 500 jutaan dekat akses tol di Depok Jawa Barat
May 26, 2021

Jenis dan Gerakan Olahraga Untuk Menghilangkan Lemak Di Perut

menghilangkna lemak perut secara alami

Mempunyai bentuk tubuh yang ramping merupakan idaman setiap orang. Terkadang kita merasa tidak pede apabila kita mempunyai perut yang buncit akibat lemak yang berlebih. Perut yang rata tanpa adanya lemak mungkin bisa kita dapatkan apabila kita mengikuti gaya hidup yang sehat dan berkualitas. Jangan berharap kita mendapatkan perut yang rata dan sedikit lemak tanpa mengikuti pola hidup sehat.

Menentukan pilihan gaya hidup sehat yang tepat tentu perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kemampuan fisik, dan kondisi kesehatan. kita tidak bisa mengharapkan hasil perubahan gaya hidup yang sama dengan orang lain, misalnya mengikuti model atau aktor idola. Terlepas dari usia, jenis kelamin, atau kemampuan fisik, berikut adalah beberapa cara untuk memulai gaya hidup sehat yang bisa langsung kita terapkan dan jadikan rutinitas baru. Memperbaiki pola tidur, Mengelola tingkat stress, Menjaga asupan makanan yang kaya akan gizi, vitamin dan mineral, serta yang paling terpenting adalah Berolahraga. (1)

Olahraga adalah cara efektif untuk menghilangkan lemak di perut. Berolahraga secara teratur, menjaga pola makan, dan menjalani gaya hidup sehat dijamin bisa membuat lemak yang berada di perut menghilang. Kelebihan lemak perut bisa memicu risiko resistensi insulin yang lebih tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Lemak berlebihan di area perut juga bisa memicu sindrom metabolik. Lemak perut memiliki dua jenis, seperti berikut:

● Lemak subkutan Jenis lemak ini terletak di bawah kulit, tepatnya antara kulit dan otot perut.
● Lemak viseral Jenis lemak ini terletak di rongga perut sekitar organ dalam tubuh. Banyak orang berpikir melakukan olahraga yang berfokus pada pembentukan otot perut juga membantu menghempas lemak perut.

Faktanya, olahraga yang berfokus pada pembentukan otot perut tidak akan memberikan hasil yang efektif untuk melenyapkan lemak perut. Bahkan, lemak subkutan yang terlalu banyak akan menghalangi pembentukan otot perut. Jika ingin membentuk otot perut, kita juga perlu menghilangkan lemak subkutan di area perut. Berikut adalah beberapa Jenis dan Gerakan Olahraga yang dinilai tepat untuk membantu kita dalam menghilangkan lemak di perut. (2)

1. High Intensity Interval Training (HIIT)
Studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyebutkan, HIIT ternyata lebih efektif mengurangi lemak perut daripada kardio tradisional. Jenis latihan kardiovaskular ini melibatkan olahraga intensitas tinggi dalam periode, seperti berlari, bersepeda, yang diikuti oleh rentang kegiatan intensitas rendah sementara detak jantung tetap dipercepat.

2. Plank
Sudah menjadi rahasia umum jika plank ampuh untuk mengecilkan perut. Pasalnya, plank melatih otot perut dan otot yang mengelilingi perut serta membantu mendukung postur yang sehat. Mulailah dalam posisi push-up dengan tangan di samping dan kaki selebar bahu. Agar lebih nyaman, lakukan latihan ini di atas matras yoga tipis atau permukaan lain yang nyaman dan empuk. .Untuk melakukannya, tarik napas terlebih dahulu kemudian mulai angkat tubuh dengan lengan sampai sejajar dengan lantai. Cobalah untuk menstabilkan tubuh saat posisi plank selama mungkin sembari mengambil napas lambat. Cobalah latihan ini dengan meningkatkan durasi setiap set. Lakukan set pertama sema 30 detik dan tingkatkan satu menit di set berikutnya.

3. Yoga
Yoga termasuk ke dalam jenis olahraga sangat efektif untuk mengecilkan ukuran perut. Selain mampu membakar kalori secara efektif, yoga juga membantu mengelola stres. Mulailah dengan yoga di bawah pengawasan seorang instruktur atau dengan mengikuti latihan yoga di rumah. (3)

4. Kettlebell swing
Mulailah dengan membuka kaki selebar bahu dan pegang kettlebell dengan kedua tangan.Jaga lengan kita memanjang ke bawah dan gunakanlah posisi squat. Ayunkan kettlebell ke belakang melalui sela-sela kaki, lalu ayunkan ke depan hingga dada. Jaga agar tangan tetap lurus dan jangan membungkukkan badan.Ulangi gerakan ini.

5. Rolling plank
Ambil posisi kita dengan siku dan lutut menyentuh lantai. Lihatlah ke depan hingga leher kita sejajar dengan tulang belakang. Angkat lutut kita hingga hanya jari-jari kaki dan siku yang menempel di lantai. Lalu, lepas salah satu tangan dan satu kaki sambil membalikkan badan, jika tangan kiri yang dilepas, maka kaki kiri akan bertumpu di atas kaki kanan dan badan akan menghadap ke kiri. Jagalah keseimbangan, dan lakukan hal yang berlawanan untuk arah sebaliknya.

6. Lunge twist
Langkahkan kaki kiri ke depan, lalu tekuk kaki kiri dan biarkan kaki kanan tetap lurus. Rasakan peregangan otot pada kaki kanan, lalu angkat tangan lurus ke depan. Gunakan jari-jari kaki kanan untuk mendukung beban kita. Pastikan tubuh bagian atas sejajar dengan tulang belakang. Gerakkan bahu kita ke kanan dan ke kiri. Lalu, ganti dengan kaki yang satunya, lakukan gerakan yang sama.

7. Navasana
Duduk di lantai dengan menekuk lutut. Letakkan tangan di bawah tekukan kaki. Jaga dada terangkat dan dorong bahu ke belakang. Tahan perut kita dan angkat kaki perlahan semampu kita. Lepaskan tangan dari genggaman dan regangkan ke depan. Tahan dalam posisi ini selama 5-15 napas, kemudian lepaskan dan ulangi lagi.

8. Swan dive
Berbaring menelungkup lurus di lantai dan regangkan lengan kita ke atas kepala. Angkat kaki dan bahu ke atas sekitar 10 cm dari tanah. Tahan napas selama 8 hitungan, setelah itu buang napas dan pindahkan tangan ke belakang. Pegang ujung kaki kita dengan telapak tangan menghadap ke dalam. Tahan selama 8 hitungan kemudian kembali ke posisi awal dan ulangi. (4)

air mineral terbaik

Diatas ada beberapa contoh dari beberapa gerakan dan jenis olahraga yang bisa membantu kita untuk menghilangkan lemak di perut. Namun, perlu diingat apabila kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal harusnya dengan tahapan dan anjuran dari para ahli. Dimulai dari pemanasan sebelum olahraga dan diakhiri dengan pendinginan, serta jangan lupa untuk memakan makanan yang kaya akan vitamin dan gizi yang cukup dan yang terpenting adalah meminum air mineral terbaik. AQUA sebaik air minum berkualitas merupakan pilihan terbaik yang bisa kita pilih untuk menunjang kegiatan kita, karena air mineral AQUA kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silica, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.(5) Jadi sudah minum AQUA?

1. https://www.alodokter.com/gaya-hidup-sehat-bisa-anda-mulai-sekarang
2. https://health.kompas.com/read/2020/09/02/104500568/olahraga-terbaik-untuk-menghilangkan-lemak-perut?page=all
3. https://www.halodoc.com/artikel/5-olahraga-ampuh-yang-bisa-mengecilkan-perut-dengan-cepat
4. https://hellosehat.com/kebugaran/kekuatan/gerakan-olahraga-untuk-memberantas-lemak-perut/
5. https://www.sehataqua.co.id/ingin-punya-tubuh-langsing-minum-air-mineral-terbaik/

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *